D3 ADMINISTRASI NIAGA

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik

Website

-

gambar-prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Administrasi Bisnis/Niaga UNPAND Semarang menyelenggarakan Pendidikan D3 (Diploma III) sejak tahun 1996 dengan acuan kurikulum terkini (Kurikulum Berbasis Kompetensi) dengan rentang kelulusan 2,5 - 3 tahun, yang menjadikan lulusannya dapat bersaing di dunia kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Administrasi.

Administrasi bisnis atau sering disebut dengan administrasi niaga adalah suatu bidang studi khusus yang mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan operasional bisnis dan perusahaan. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi produksi, pengelolaan keuangan, pengelolaan personalia (SDM), pemasaran, perpajakan, perbankan sampai ke kegiatan administrasi ekspor impor.

 
Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

1. Kelas Reguler Pagi - Seleksi Mandiri PTS

Reguler Pagi

2 November 2023 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

2. Kelas Reguler Sore - Seleksi Mandiri PTS

Reguler Sore

2 November 2023 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

3. Kelas Karyawan - Karyawan

Reguler Sore

2 November 2023 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

4. BEASISWA REGULER PAGI - Beasiswa

Reguler Pagi

2 November 2023 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

5. Jalur Prestasi - Prestasi

Reguler Pagi

31 Oktober 2023 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 250.000

Prospek Karir

  1. STAF ADMINISTRASI

Salah satu prospek kerja lulusan administrasi bisnis adalah sebagai staf administrasi dari sebuah perusahaan. Posisi staf administrasi dalam perusahaan sendiri sangat beragam, seperti staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan masih banyak lagi. Ada beberapa tugas yang dikerjakan oleh staf administrasi. Tugas pertama yaitu filing atau rekapitulasi data seperti surat domisili, surat bukti transaksi, surat berharga dan aset perusahaan. Selain itu, staf administrasi bertanggung jawab membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan seperti surat penawaran, surat perpanjangan kontrak, maupun surat transaksi pembelian. Lulusan administrasi bisnis yang bekerja menjadi staf administrasi juga melakukan penjadwalan  kegiatan bisnis perusahaan yang bersifat umum seperti mengatur meeting dengan manajemen, pertemuan dengan klien atau relasi perusahaan.

  1. MANAGEMENT TRAINEE

Sebelum  menempati posisi manajer dalam perusahaan, maka alumnus prodi Administrasi Bisnis bisa mengawali karir pada program management trainee yang biasanya diadakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Dalam program ini, sebagai lulusan administrasi bisnis tidak hanya bekerja menurut ilmu yang dimiliki saja. Namun akan distimuli dan  didorong untuk mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan di bagian manajemen tertentu.

  1. STAF SUMBER DAYA MANUSIA (HRD)

Staf sumber daya manusia atau biasa disebut human resource development (HRD) adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru hingga kontrak kerjanya. Selain itu, HRD berfungsi memetakan dan menyaring sumber daya manusia dalam perusahaan.

  1. STAF PEMASARAN

Salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis adalah kebijakan dan strategi pemasaran atau marketing. Maka dari itu, seorang lulusan administrasi bisnis sangat mungkin untuk bekerja sebagai staf pemasaran di suatu perusahaan. Di tengah tren internet marketing saat ini, persaingan mendapatkan perhatian masyarakat pada produk yang dijual semakin ketat. Oleh karena itu, kreativitas sangat dibutuhkan untuk bisa menemukan formula yang tepat untuk meningkatkan brand awareness produk perusahaan di mata masyarakat.

  1. ENTREPRENEUR

Seorang lulusan administrasi bisnis tidak hanya mampu bekerja di perusahaan, tapi juga membangun usahanya sendiri. Berbagai ilmu yang telah dipelajari dalam perkuliahan, seperti sumber daya manusia, komunikasi, manajemen, ketenagakerjaan, akuntansi, serta pemasaran sangat berpotensi untuk diaplikasikan seluruhnya dalam membangun dan mengelola bisnis sendiri. Sebagai seorang pengusaha maka harus memiliki kreativitas dalam membuat ide bisnis yang mampu bersaing dengan usaha-usaha lain. Selain itu, juga harus memiliki kegigihan yang tinggi karena membangun bisnis pasti memiliki banyak sekali halangan dan rintangan.

  1. KONSULTASI BISNIS

Dengan berbagai ilmu yang dikuasai di bidang bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis juga bisa menjadi konsultan bisnis. Konsultan bisnis adalah seorang yang dipercaya dapat memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis yang ada dalam perusahaan klien, namun tidak diberi kewenangan untuk melakukan implementasi dan kebijakan. Konsultan sendiri terbagi dalam dua kategori, yaitu konsultan internal dan konsultan eksternal. Perbedaannya terletak pada dimana konsultan tersebut bekerja, apakah di dalam perusahaan yang meminta konsultasi atau suatu firma atau agensi konsultan tersendiri.

  1. DOSEN

Lulusan administrasi bisnis yang menyukai terus belajar dan mencintai ilmu tersebut, maka alumni prodi Administrasi Bisnis juga bisa menjadi dosen. Untuk bisa menjadi seorang dosen maka harus memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni. Maka dari itu, tidak jarang Universitas tempatnya bernaung mensyaratkan para dosennya untuk memiliki pendidikan  S3. Selain mengajar para mahasiswa di kelas, dosen juga harus melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat guna pengembangan keilmuannya.. Dari kegiatan Penelitian dan PKM akan diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah selain untuk memperkaya wawasan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sekaligus dipublikasikan di jurnal baik nasional maupun internasional.

  1. ANALIS KEUANGAN

Tugas  analis keuangan, adalah menganalisis data mengenai laporan  keuangan perusahaan, menyusun konsep laporan keuangan, dan membuat rekomendasi keuangan. Seorang analis keuangan wajib memiliki pemahaman mengenai sektor bisnis atau industri tertentu dan memberikan pendapat mengenai kebijakan keuangan yang harus diambil oleh perusahaan.

Analis keuangan biasanya terbagi menjadi dua kategori, buy-side analyst dan sell-side analyst. Seorang buy-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan yang mengurus uang pensiun dan perusahaan reksa dana, serta melakukan penelitian untuk memberi rekomendasi pada pihak manajemen. Sedangkan sell-side analyst biasanya bekerja pada perusahaan pialang saham dan merekomendasikan seseorang untuk menjual atau membeli suatu saham perusahaan.

  1. MARKET RESEARCH ANALYST

Lulusan administrasi bisnis bisa menjadi seorang market research analyst. Seorang market research analyst membantu perusahaan untuk memahami pasar dan audiens perusahaan, memberikan saran bisnis kepada perusahaan tentang produk apa yang harus dijual, serta bagaimana mempromosikan produknya. Lulusan program studi Administrasi Bisnis juga dapat menyusun riset pemasaran  untuk memahami target pasar perusahaan dan melatih bagaimana melakukan wawancara untuk kepentingan survey yang dilakukan. Setelah itu dapat  menganalisis hasil dari survey  tersebut dan memberikan rekomendari kepada pihak manajemen atau bagian yang mebutuhkan hasil survey tersebut.

  1. AKUNTAN

Alumni Prodi Administrasi Bisnis bisa berkarir juga menjadi seorang akuntan. Dengan menjadi seorang akuntan bisa membuat sistem indikator performa perusahaan seperti return of sales, return of investment, produktivitas, dan likuiditas perusahaan dan menghitungnya. Selain itu, alumni prodi administrasi bisnis  bisa menganalisis titik kelemahan dalam sebuah bisnis dan memberi rekomendasi untuk memperbaikinya.

  1. PROCUREMENT PFFICER

Nama lainnya adalah  purchasing officer / kepala pembelian. Sebagai procurement officer maka bertanggung jawab untuk mendapatkan produk atau layanan yang penting bagi kegiatan operasional perusahaan. Sehingga, kemampuan analisis, organisasi, persuasi, dan negosiasi sangat diperlukan untuk posisi ini. Sebagai procurement officer juga harus memiliki kemampuan  menetapkan standar dan timing untuk bahan baku atau barang yang dibutuhkan untuk kegiatan produksi perusahaan. Di samping itu, alumni administrasi bisnis mampu mencari dan membandingkan reputasi supplier tentang produk yang ditawarkan, kualitas, dan harganya sesuai standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu sebagai administrator bisnis maka juga mampu menyiapkan kontrak pembelian barang dan memonitor keefektifan terhadap produk yang dibeli, sampai ke pengiriman barang kepada customer.

  1. AUDITOR

Tugas  auditor adalah bertanggung jawab untuk memeriksa seluruh data pendapatan, keuangan, dan investasi milik perusahaan. Juga memiliki wewenang untuk meninjau dan memverifikasi akurasi catatan keuangan perusahaan. Tidak hanya itu, alumnus prodi administrasi bisnis  juga bisa memastikan apakah perusahaan sudah memenuhi undang-undang perpajakan yang berlaku. Adapun kompetensi  auditor, harus memiliki beberapa skills yang perlu dimiliki di antaranya seperti; komunikasi, berpikir kritis, berhitung atau aritmatika, ketelitian dalam membuat laporan, rasa ingin tahu yang kuat dan analisis laporan keuangan.

  1. EVENT PLANNER

Seorang event planner  memiliki tanggung jawab untuk merencanakan dan mengkoordinasi seluruh aspek acara yang akan dijalankan. Event planner juga akan bertemu dengan klien untuk memahami tujuan dari acara, beserta lokasi, transportasi, dan detail lainnya. Sebagai seorang event planner, diperlukan memiliki skill komunikasi dan problem solving yang baik. Di samping itu, seorang alumni administrasi bisnis  juga harus bisa melakukan multitasking, memiliki kepekaan dan perhatian terhadap detail acara.

  1. SALES MANAGER

Di posisi ini, maka tugas utamanya adalah mengawasi tim sales perusahaan dan bertanggung jawab untuk mendatangkan revenue bagi perusahaan. Tanggung jawab lain dari posisi ini diantaranya adalah menentukan goals dari penjualan, menganalisis data penjualan, membuat program pelatihan untuk sales representative. Tidak hanya itu, sales manager juga tak bisa lepas dari tugas membuat proyeksi penjualan dan menilai tingkat keuntungan dari produk atau layanan perusahaan.

  1. LOAN OFFICER

Loan officer/ kepala kredit  akan mengevaluasi, mengesahkan, atau merekomendasikan permintaan peminjaman bagi individu atau suatu perusahaan. Tidak hanya itu, loan officer juga akan memverifikasi, serta menganalisis informasi finansial dari para peminjam seperti credit score, laporan keuangan peminjam,   tingkat pemasukannya serta prospek bisnis dari pihak peminjam.  Loan officer juga akan me-review persetujuan peminjaman untuk memastikan bahwa hal tersebut telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sebagai loan officer, beberapa skills yang perlu dikuasai di antaranya: decision making, memiliki kemampuan mendetail tentang analytical thinking serta kemampuan untuk menganalisis laporan keuangan secara cermat.

Materi Pembelajaran

Program Studi Administrasi Bisnis/Niaga UNPAND Semarang menggunakan kurikulum kekinian yang disesuaikan dengan kebutuhan pangsa kerja di bidang Administrasi. Mahasiswa di Program Studi Administrasi Bisnis/Niaga UNPAND Semarang akan mempelajari berbagai macam hal terkait Administrasi Bisnis/Niaga seperti kewirausahaan, bisnis koresponden, administrasi perpajakan, administrasi keuangan Perusahaan, English for bisnis, komputer bisnis, komputer akuntansi, riset pemasaran dan hukum bisnis dan masih banyak lagi. Sehingga mahasiswa menguasai segala seluk-beluk kegiatan di bidang bisnis/perniagaan.

Selain itu juga akan mempelajari etika bisnis, serta keterampilan komunikasi dalam bisnis sehingga proses komunikasi dengan klien, manajemen, dan pemangku kepentingan lainnya berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya tujuan bisnis tercapai tanpa kendala yang berarti. Semua materi tersebut akan mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di bidang administrasi. Kegiatan KBM yang dilakukan guna menyiapkan agar lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang dibutuhkan di pasar tenaga kerja sehingga materi pembelajaran ditekankan untuk menambah knowledge (pengetahuan), skills (ketrampilan), dan attitude (sikap kerja). Selain itu lulusan juga dimotivasi untuk menjadi wirausaha sehingga dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!